Home / Question / Kemenkes Ambil Alih Akper Lahat, Direktur Sebut Bakal Banyak Kemajuan Sarana dan Prasarana

Kemenkes Ambil Alih Akper Lahat, Direktur Sebut Bakal Banyak Kemajuan Sarana dan Prasarana

FORUMCategory: Tentang AKPERKemenkes Ambil Alih Akper Lahat, Direktur Sebut Bakal Banyak Kemajuan Sarana dan Prasarana
wangi asked 2 years ago

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT-Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) akan mengambil alih pengelolaan Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Kabupaten Lahat.
Selain itu, nama Akper sendiri akan diubah menjadi Poltekes Kemenkes Palembang Prodi Keperawatan Lahat.
Hal tersebut seperti dikatakan Direktur Akper Pemkab Lahat, Eka Haryanti SPd MKes.
Eka mengatakan, dari 70 sekolah kesehatan seluruh Indonesia yang dikelola pemerintah daerah, 17 diantaranya akan dikelola Kemenkes RI dan salah satunya Akper Pemkab Lahat.
“Tahun 2019 sudah dianggarkan. Sudah dipastikan tahun 2019 akan dikelola Kemenkes. Tinggal menunggu SK Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” ungkapnya, Rabu (29/8/2018).
Lebih lanjut dirinya menuturkan, nama Akper Pemkab Lahat, sendiri akan berubah nama menjadi Poltekes Kemenkes Palembang Prodi Keperawatan Lahat.
Jika sudah diambil alih Kemenkes, seluruh sarana prasarana, pendanaan akan ditanggung Kemenkes RI.
“Termasuk juga para pegawai yang PNS akan diambil Kemenkes,” ujarnya.
Ditambahkan Eka, Akper yang berdiri tahun 1992 dengan nama Sekolah Kesehatan Perawat selevel dengan SMA dan dikonversi pada 2002 ini, apabila diambil alih oleh Kemenkes. Akan mengalami banyak kemajuan, baik dari sarana prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM).
“Seperti kurangnya gedung atau laboraturium bisa ajukan pengajuan, untuk para tenaga pengajar ada dana beasiswa untuk melanjutkan pendidikan,”ujarnya. (SP/ Ehdi Amin) (asam lambung)